Thursday, June 22, 2017

Pengertian ABR vs ASBR dan LSA Type di OSPF

Dalam catatan kali ini akan bahas sedikit tentang apa itu ABR, ASBR dan berbagai jenis LSA type dalam OSPF. Ketika membahas OSPF pasti istilah-istilah ini akan sering banged dilihat dan didengar oleh kita semua, sebelum membahas ABR dan ASBR sebaiknya mengetahui dulu apa itu LSA dan jenis-jenisnya.

Type LSA in OSPF
LSA singkatan dari link state advertisment merupakan elemen penting dari routing protokol ospf, ketika kita memahami bagaimana cara kerja LSA berarti kita akan semakin mudah memahami bagaimana ospf bekerja dan juga berguna ketika troubleshot, karna LSA sangat erat kaitannya dengan terbentuknya adjacency dalam OSPF. LSA terdiri dari beberapa type, dibawah ini merupakan LSA type yang paling sering kita temui apabila kita menjadi network administrator.
  • Type 1 : Biasa disebut Router LSA, berisi informasi tentang directed connected links dalam sebuah area dimana router itu berada. Semua router yang menjalankan routing protocol OSPF mengenerated lsa type 1 namun packet ini tidak bisa melintas ke area lainnya.
  • Type 2 : Biasa disebut Network LSA, paket ini di generated oleh DR/BDR dalam multi-access network seperti LAN Network. Mudahnya itu apabila tetangga-tetangga router lainnya berada dalam satu subnet maka packet LSA type 2 akan di generated.
  • Type 3 : Biasa disebut Network Summary LSA, packet type 3 LSA di generated oleh ABR. Mereka merepresentasikan network dari sebuah area dan dikirim ke area lain dalam ospf domain. Ingat kan kalo Type 1 LSA tidak bisa nyebrang ke area lainnya? Nah Area Border Router (ABR) menggunakan type 3 LSA untuk menginformasikan area lain tentang area dan network yang sudah ia pelajari.
  • Type 4 : Biasa disebut ASBR Summary LSA, paket ini digenerate oleh ABR, type LSA ini mengandung route ke ASBR. Link-id yang digunakan adalah router ID dari ASBR yang dideskripsikan. Perlu diingat kalo LSA type-4 ini tidak akan pernah di flood ke OSPF stub area. Masih bingung? Gampangnya LSA Type-4 itu datangnya dari ABR dan isinya itu ngasih tau dimana letak ASBR.
  • Type 5 : Biasa disebut AS External LSA, paket ini merupakan hasil dari redistribute dari routing protocol lain dan digenerate oleh ASBR.
  • Type 7 :  Biasa disebut NSSA External LSA, paket ini di generate oleh ASBR tapi dari router yang didefine sebagai Totally Stub atau Not-So-Stubby-Area (NSSA).
Bingung sama penjelasan diatas? Dibawah ini ada gambar bagus yang isinya ilustrasi bagaimana propagasi lsa dalam routing protokol ospf.



Selanjutnya kita bahas definisi ABR vs ASBR.

OSPF ABR
Area border router (ABR) adalah sebuah router yang berada antara satu atau lebih OSPF area atau gampangnya itu router yang berbatasan dengan area lain tapi masih menjalankan routing ospf juga. Fungsi utama ABR itu untuk melakukan koneksi antara area backbone 0 dengan area lainnya.

Dibawah ini merupakan types LSA’s yang akan sering terlihat di ABR:

- LSA Type 3 (Summary LSA)
- LSA Type 4 (Summary LSA)

OSPF ASBR
Area Autonomous System Border Router (ASBR) adalah sebuah router yang berlokasi di perbatasan dengan routing protocol lainnya. Fungsinya hampir sama dengan ABR hanya saja ASBR itu menghubungkan OSPF ke routing lain seperti BGP atau EIGRP.

Dibawah ini merupakan types LSA’s yang akan sering terlihat di ASBR:

- LSA Type 3 (Summary LSA)
- LSA Type 4 (Summary LSA)
- LSA Type 5 (External LSA)

Masih bingung juga penjelasan diatas tentang ABR dan ASBR? Dibawah ini ada gambar ilustrasi ABR dan ASBR.


Semoga bermanfaat.

5 comments: