Thursday, November 13, 2014

Alasan penting kenapa engineer IT harus mau belajar hal-hal baru.

Tulisan ini sebagai remider untuk diri gw sendiri supaya terus semangat belajar, ini bukan berarti terlalu duniawi tapi karna hidup itu menurut ane adalah proses belajar terus-menerus tiada henti. Belajar itu bukan cuma terkait konfig router, koding, teknologi, dsb, tapi bagaimana juga kita memandang kehidupan dan jalan yang kita pilih dari persepektif yg positif.

Pilihan gw berkarir di dunia teknologi sendiri memang agak menyimpang berhubung keluarga gw kebanyakan pedagang/pengusaha.
Tapi selama hampir 3 tahun jadi engineer IT gw banyak belajar kenapa kita harus siap belajar hal-hal baru.

1) Dunia Teknologi Sangat Dinamis.
Hal ini sangat berlaku terutama di dunia IT. Kalian semua pasti inget nokia kan?
Gw sangat yakin 95% yang baca tulisan gw ini terutama generasi yang lahir tahun 90an pasti pernah punya atau minimal liat lah hape ini. Kedatangan blackberry ngebuat penjualan nokia anjlok, lalu blackberry berjaya sampe akhirnya samsung & apple datang dengan teknologi yang lebih fresh kaya touch screen dsb.
Apa hubungannya sama engineer? Jelas ada.
Kalo di perusahaan IT engineer + marketing itu tulang punggung perusahaan, kebanyakan marketing di perusahaan IT juga dulunya engineer.
Bahkan gw sangat yakin top-top manajemen di perusahaan kaya nokia & blackberry juga seorang engineer dulunya, seandainya mereka bisa mengantisipasi kemauan pasar atau minimal aware lah dengan ancaman pendatang baru dengan segala inovasinya, bisa dibayangin kan mungkin aja apple sama samsung gak akan pernah booming kaya sekarang.

Itulah mengapa engineer jg harus siap belajar hal2 baru, hal ini buat mengantisipasi kemauan pasar.

2) Over Demand, Under Supply
Prinsip ini sebenernya prinsip ekonomi sederhana. Karna prinsip ekonomi ini juga kenapa sebenernya gw berhenti belajar beberapa teknologi yang udah banyak orang bisa dan lebih seneng belajar teknologi yang masih jarang orang bisa.

Sekedar berbagi pengalaman...
Waktu masih SMA gw pernah beli nasi uduk seharga Rp.1500 di ibu2 tetangga, trus gw jual lagi di sekolah seharga Rp.2000 ke temen2 dan guru2. Entah karna mereka kasian (karna gw anak yatim dulu) ato gimana tapi ya mereka beli aja itu nasi. Di mata gw mereka beli pasti ada alasannya, entah karna mereka males sarapan dirumah ato emang nasi yg gw bawa itu enak, entahlah...

Waktu SMA juga gw pernah buka cuci steam motor sama temen kecil gw, dimodalin cm Rp.1.500.000 buat beli kompresor sama tempat beberapa petak gw sendiri sama temen2 yg iseng2 jadi tukang cucinya waktu itu jumlah skuat nya 4 orang, itupun gw buka sabtu minggu yang mana sehari dulu yang nyuci bisa hampir 50 kendaraan. Kenapa gw buka cuci steam? Sebab gw liat di perumahan gw gak ada sama sekali paling deketpun sekitar 2 kilo, harganya dulu Rp. 5000 sedangkan di tempat gw Rp. 7000 masih laku aja tuh.

Waktu buka toko pun sama, pas saat2 hari raya banyak banget yang belanja bawa anak-anak kecil. Gw langsung kasih ide ke kakak gw kita jualan balon aja, meskipun toko gw + abang gw itu isinya baju2 + sepatu. Alhasil balon yg gw beli 15000 (isi 20 balon) cuma modal niup doang gw dapet 5000x20=100.000. Berapa persen untungnya? Yang jelas lebih dari 100% lah.
Hal ini juga langsung diikutin sama tetangga2 toko di sebelah gw, disaat itu pula gw langsung berhenti jualan balonnya karna udah gak keren lagi. Hahaha

Pelajaran yang bisa dipetik.
"Saat pasokan barang/jasa langka sementara permintaan tinggi, disaat itulah harga akan meroket". Gak peduli orang bayar berapa yang penting dapet apa yg mereka butuhkan.

Apa hubungannya sama engineer? Jelas ada.
Sebagai engineer harus jeli melihat peluang, jangan cuma bisa konfig/coding doang. Dengan belajar teknologi2 baru yang bakal booming dan modal nyali untuk sedikit vokal ke manajemen buat ngembangin ide2 baru yang bisa dijual, bisa dijamin anda bakal diproyeksiin dan dianggap barang langka sama perusahaan dimanapun itu berada.
Meskipun pada kenyataannya gak semua ide yang kita ungkapin itu diterima sama mereka, minimal kita aktif ngelontarin ide-ide yang masuk akal.
Maka bersyukurlah temen2 yang kerja di perusahaan yang mau nampung ide pegawai-pegawainya, kerjapun jadi jauh lebih asik kan?

Kalaupun seandainya emang di kantor tempat kita kerja juga teknologi yang kita pelajarin gak kepake ataupun seandainya manajemen menutup mata terhadap ide-ide dari kita, tentu kita masih bisa kan bergerak ke tempat yang lebih tepat, bahkan bisa bikin usaha sendiri kalo yakin ide kita itu bener-bener brilian. Selain itu, kalo ilmu yang kita kuasain itu emang jarang yang bisa dan perusahaan itu lagi butuh banged gw yakin pas kita negosiasi soal gaji minimal tingkat kepuasan anda terhadap nominalnya itu 85% ++.

Ada pepatah bilang, "If you hate the rules then be the top and change the rules, if you can't just quit ."

3) Banyak Belajar Itu Gak Bakalan Rugi
Kalo emang apa yang kita pelajarin itu gak berguna di tempat kita bekerja toh masih bisa kita salurkan kan?
Misalnya dengan kegiatan freelance, ngebantu temen, menulis/sharing di forum2 internet.
Gw kenal beberapa orang yang punya jabatan strategis dan beberapa CEO juga, dulunya mereka engineer juga.
Karna doyan konfig sampe sekarang pun masih suka bantu2 orang lain, freelance, kegiatan2 sharing pendapat. Salah satunya mantan kabid infrastruktur&security apjii, waktu dulu dia cerita ke gw karna banyak nolongin orang reputasinya makin meningkat, alhasil dia sekarang punya perusahaan sendiri kalo gak salah namanya hawk teknologi atau apa gitu lupa. Haha

Ada juga temen gw jago desain. terakhir denger kabar dia mau jadi pns. Tapi yang gw tau dia dapet banyak uang dari hasil desainnya yang kreatif termasuk gw sendiri yang sempet bayar dia untuk beberapa project pribadi.

Ada juga temen gw jurusan IT tapi kekeuh banged belajar fotograph, alhasil dia sekarang keliling dunia. Terakhir denger kabarnya dia sekarang nyangsang di jepang.

Semua itu pasti buah manis dari hasil kerja kerasnya belajar kan?
Intinya dengan belajar itu dijamin gak bakalan rugi, mereka yang gak belajar itu yang rugi.

Pepatah bagus yang bisa dijadiin pelajaran.
"Bila tak sanggup menahan lelahnya belajar, maka harus mau menanggung pahitnya kebodohan"

4) Hal-Hal Baru Sangat Menyenangkan
Bandingin saat kita punya pacar baru, lalu waktu terus berlalu lama2 kadang kita bosen kan? (Yang bilang kagak pasti munafik hahaha)
Bandingin juga saat kita punya mobil/motor atau barang baru, dicuci bersih sampe kinclong, diliatin terus, dipegang2 terus kalo perlu tidur disamping barang itu.
Bukan berarti ngajarin kita gonta-ganti barang ato pacar yah, disini mindset nya yang penting.

Kalo mau jadi engineer hebat, punya mindset seperti ini menurut gw penting banged. Gak harus punya IPK cumlaude ato pinter segala. Kenyataannya orang yang kerja keras, pinter bergaul dan cerdas ngeliat peluang nasibnya jauh lebih baik kan.
Korelasinya itu ya karna fakta bahwa dunia teknologi terutama di bidang IT ini sifatnya bener2 sangat dinamis.
Mereka yang gak suka sama perubahan dan hal-hal baru gw jamin gak akan bisa bertahan lama berkarir di dunia IT. Minimal dia juga berkontribusi dalam proses tenggelamnya perahu dimana dia berlayar #asiiikk

Demikian tulisan diatas semoga jadi reminder buat gw sendiri dan yang baca juga bisa dapet inspirasi.

No comments:

Post a Comment